mari adik-adik SMP/SMA Rebut Piala Bergilir Gubernur Jatim dalam Olimpiade Biologi BIOET@NOL 2015

web unej OlimpiadeKabar gembira bagi kalian adek-adek SMP maupun SMA Calon Penerus Bangsa, akan segera hadir Bioet@nol 2015, yaitu Olimpiade Biologi Se- Jawa Timur dan Bali tingkat SMP/SMA serta SMP/MTs sederajat. yang di adakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember, Tunggu kami di kota Kawan-kawan tingkat SMA/MA serta SMP/MTs sederajat se-Jawa Timur dan Bali.
“Biologi Briliant, Mencetak Generasi Muda yang Potensial, Cerdas, Berkualitas dan Berkarakter” Lanjutkan

Ayo Ikuti LKTI Nasional oleh HMPS Lumba-lumba PBIO UNEJ

web unej LKTIMasa Mahasiswa adalah Masa yang Berapi-api. Darah muda, darahnya para Mahasiswa, yang selalu merasa Gagah…..??? Salam Mahasiswa, Hey, para Mahasiswa kalian sudah merasa Gagah??? kalau kalian ingin terlihat lebih Gagah lagi Ayo Ikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional yang dilaksanakan HMPSP BIOLOGI LUMBA-LUMBA. Ketentuannya adalah sebagai berikut, Let’s Check This Out: Lanjutkan

Pameran Daur Ulang Sampah oleh Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jember

4Pernahkah kalian menemukan sampah di sekitar tempat tinggal kalian? Ataukah kalian pernah melihatnya di pinggir jalan? Jawabannya pasti pernah. Sampah merupakan sisa hasil pemakaian suatu barang yang tidak digunakan lagi, tidak bernilai, dan dibuang oleh manusia. Dalam persoalan negara kita, sampah juga menjadi salah satu persoalan utama yang masih belum bisa di atasi sampai sekarang. Sampah dapat kita temukan di mana-mana, di sungai, di jalan, di pabrik, di gorong-gorong bahkan di laut. Hal ini disebabkan oleh adanya ketidaksadaran masyarakat akan sampah. Masyarakat setiap harinya memproduksi sampah. Sampah yang dihasilkan dapat berupa sampah organik maupun anorganik. Jumlah sampah yang dihasilkan oleh masyarakat pun semakin hari semakin meningkat. Di lain pihak, tempat pembuangan sampah semakin lama semakin terbatas. Keterbatasan lahan pembuangan, dan peningkatan volume sampah oleh masyarakat membuat permasalahan sampah yang ada menjadi semakin kompleks.

Lantas apakah yang akan terjadi apabila sampah-sampah tersebut dibiarkan begitu saja? Lanjutkan

Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Lingkungan Melalui Studi Lapang

1Dalam dunia pendidikan ada banyak metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mempermudah para peserta didiknya dalam memahami materi yang diberikan. Metode berarti cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan. Sedangkan mengajar merupakan suatu perubahan tingkah laku dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu dan dari yang awalnya tidak bisa menjadi bisa. Metode pembelajaraan sendiri merupakan suatu cara yang digunakan untuk mempermudah suatu proses pembelajaran. Ada beberapa metode pembelajaran yang sering diterapkan, namun untuk beberapa mata kuliah khususnya mata kuliah Pengetahuan Lingkungan yang telah saya tempuh, salah satu metode yang digunakan adalah metode karyawisata. Metode karyawisata disini berarti mengadakan kunjungan diluar kelas. Jadi karyawisata tersebut tidak mengambil tempat yang jauh dari sekolah atau universitas. Untuk metode karyawisata dalam mata kuliah ilmu Pengetahuan Lingkungan yang sudah saya tempuh disebut juga dengan studi lapang. Lanjutkan

Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2014, Sabet Juara 2 LKTI IKAHIMBI Jawa III di Malang

2Salam Lestari!!!
Salam Konservasi!!!
Kota Malang menjadi saksi keseruaan acara ini. yaitu di Gedung Gedung C pusat Laboratorium Bahasa dan Fak. Farmasi acara UIN Maliki.Acara ini diadakan selama dua hari yaitu mulai tanggal 9-10 Mei 2015. Pada kegiatan ini kontigen HMPSPBKegiatan ini dibagi dalam dua agenda utama yaitu pengkaderan calon BPW baru IKAHIMBI Jawa III dan juga lomba LKTi “Pekan Ilmiah IKAHIMBI Jawa III. Pada kegiatan pembukaan dihadiri oleh Dekan dan Wakil Fak. Sains Dan Teknologi Ibu Dr. drh. Bayyinatul Muchtaromah, M.Si dan Dr. H. Ahmad Barizi M. A Pada kesempatan itu pula Wakil Fak. Sains Dan Teknologi Ibu Dr. drh. Bayyinatul Muchtaromah berpesan pada seluruh peserta untuk senantiasa menjaga kekayaan ilmu pengetahuan, alam, budaya Indonesia sebagai upaya kemaslahatan bangsa, tandasnya.

 1

Peserta TROMBOSIT 2015

Seusai acara pembukaan dilakukan kegiatan presentasi finalis LKTI Pekan Ilmiah IKIHAMBI oleh 5 kelompok finalis yang berhasil lolos yang terdiri dari Universitas Jember, Universitas Ronggolawe Tuban, Universitas Muhammadiyah Jember, Lanjutkan

Studi Lapang Taksonomi Hewan Vertebrata 2015

thv 1Berikut artikel yang mengulas kegiatan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi ketika mengadakan Stulap Taksonomi Hewan Vertebrata.

Seminggu yang lalu, mahasiswa pendidikan biologi Universitas Jember angkatan 2013 mengadakan studi lapangan ke Jatim Park 2 di daerah Batu, Malang. Nah studi lapang ini sebagai salah satu syarat menempuh mata kuliah Taksonomi Hewan Vertebrata. Selain itu juga untuk menambah wawasan mahasiswa terkait taksonomi hewan vertebrata dan mengamati secara langsung. Tak hanya mahasiswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ini tetapi beberapa asisten praktikum dan dosen pun juga ikut berpartisipasi dan mengawasi kegiatan studi lapangan ini. Dosen yang ikut adalah dosen pengampu mata kuliah Taksonomi Hewan Vertebrata yaitu Prof. Dr. Suratno, M.Si dan ibu Dr. Jekty Prihatin, M.Si.
Pemberangkatan kegiatan studi lapang ini saat dini hari, Lanjutkan

Mahasiswa Pendidikan Biologi peringati Hari Bumi Internasional

IMG_0412smallTanggal 22 April kemarin, bertepatan dengan Hari Bumi Internasional. Dunia internasional kompak serempak memperingatinya dengan berbagai cara dan ekspresinya masing-masing. Termasuk mahasiswa pendidikan biologi UNEJ tidak mau ketinggalan untuk ikut menyeru dan mengingatkan masyarakat agar selalu ‘berbuat baik’ untuk bumi.

Peringatan hari bumi internasional yang dilakukan oleh mahasiswa yang tergabung dalam HMPS ‘Lumba-lumba’ ini dilakukan dalam bentuk jalan santai bersih lingkungan, yaitu segenap civitas akademika prodi pendidikan biologi UNEJ menyusuri jalan-jalan kampus dan lingkungan sekitaran kampus sambil memungut sampah dan menyeru untuk menjaga kebersihan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan perlunya memelihara kesadaran untuk senantiasa ‘merawat’ bumi jember yang ‘sakit’.

Acara berpuncak di bunderan DPRD Jember, Lanjutkan