Studi Lapang Taksonomi Hewan Vertebrata 2015

thv 1Berikut artikel yang mengulas kegiatan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi ketika mengadakan Stulap Taksonomi Hewan Vertebrata.

Seminggu yang lalu, mahasiswa pendidikan biologi Universitas Jember angkatan 2013 mengadakan studi lapangan ke Jatim Park 2 di daerah Batu, Malang. Nah studi lapang ini sebagai salah satu syarat menempuh mata kuliah Taksonomi Hewan Vertebrata. Selain itu juga untuk menambah wawasan mahasiswa terkait taksonomi hewan vertebrata dan mengamati secara langsung. Tak hanya mahasiswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ini tetapi beberapa asisten praktikum dan dosen pun juga ikut berpartisipasi dan mengawasi kegiatan studi lapangan ini. Dosen yang ikut adalah dosen pengampu mata kuliah Taksonomi Hewan Vertebrata yaitu Prof. Dr. Suratno, M.Si dan ibu Dr. Jekty Prihatin, M.Si.
Pemberangkatan kegiatan studi lapang ini saat dini hari, tepatnya tanggal 4 Mei 2015 pukul 02.00 WIB. Karena pemberangkatan pada saat dini hari, maka tak banyak dari mahasiswa maupun dosen yang telat datang tepat waktu. Rombongan berkumpul di depan kampus Universitas Jember dan pada saat itu suasana sangat sepi sekali. Meskipun masih dini hari namun semangat teman-teman mahasiswa angkatan 2013 sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Pemberangkatan menggunakan dua bus dimana bus satu untul kelas A dan C serta bus dua untuk kelas B. Masing-masing bus selain berisi mahasiswa juga dosen dan beberapa asisten praktikum. Sekitar jam 02.15 WIB, setelah semua mahasiswa sudah datang semua dan lengkap pemberangkatan dimulai. Pukul 04.30 WIB rombongan telah sampai di rumah makan Tongas Asri Probolinggo untuk sholat subuh dan mandi. Selain itu, di rumah makan tersebut juga sekaligus menunggu hingga pukul 06.00 WIB untuk sarapan. Sembari menunggu sarapan matang, teman-teman mahasiswa mengisi waktu luang dan laparnya dengan mengabadikan momen misalnya berfoto di depan rumah makan dan ada juga yang kembali melanjutkan tidur di dalam bus. Sekitar pukul 06.00 WIB teman-teman mahasiswa, asisten dan dosen disilahkan untuk sarapan. Pukul 07.30 WIB, rombongan melanjutkan perjalanan ke Batu, Malang menuju Jatim Park 2. Selama perjalanan, teman-teman mahasiswa di dalam bus bernyanyi bersama untuk menghilangkan kebosanan dan menciptakan kebersamaan.

thv 5

Setibanya di Jatim Park 2 sekitar pukul 09.00 WIB, rombongan melakukan briefing dengan asisten maupun dosen. Observasi diberi waktu maksimal 5 jam sekaligus untuk penulisan laporan pengamatan di buku kerja. Pukul 09.30 WIB Jatim Park 2 sudah dibuka dan teman-teman mahasiswa mulai memasuki museum dan mengambil foto spesies yang diamati. Pembagian spesies sebagai tugas per kelompok adalah 10 spesies untuk kelas Pisces, 6 spesies untuk kelas Amphibi, 10 spesies untuk kelas Reptilia, 10 spesies untuk kelas Aves dan 10 spesies untuk kelas Mamalia. Teman-teman mahasiswa mulai melakukan observasi dan mengambil foto tiap spesies. Sekitar 2 jam observasi di museum Jatim Park 2 sudah selesai, kemudian dilanjutkan observasi di Batu Secret Zoo dimana letaknya masih satu lokasi dengan Jatim Park 2. Setelah teman-teman mahasiswa selesai melakukan observasi, mereka menulis laporan pengamatan di buku kerja. Penulisan laporan pengamatn di food court sekaligus makan siang disana. Jika teman-teman mahasiswa sudah selesai menulis laporan, mereka bisa makan siang dan bermain. Ada yang menguji nyali di rumah hantu dan bermain bom-bom car. Karena cuaca yang tidak mendukung alias hujan, sehingga teman-teman ada yang tidak bisa bermain karena belum selesai menulis laporan dan hujan. Sekitar pukul 15.15 WIB rombongan sudah harus kembali di parkiran bus untuk melanjutkan perjalanan pulang. Tetapi karena teman-teman masih terjebak hujan dan jalan keluar juga lumayan panjang sehingga memerlukan waktu yang cukup lama.

thv 2

Sekitar jam 16.00 WIB, rombongan melanjutkan perjalanan pulang. Tetapi sebelum pulang tidak lengkap rasanya apabila tidak membeli oleh-oleh dari kota Malang ini. Oleh karena itu, rombongan mampir ke suatu pusat oleh-oleh kota Malang sekaligus untuk sholat Ashar disana. Setelah itu pukul 17.30 WIB rombongan pulang menuju rumah makan Tongas Asri untuk makan malam. Kira-kira pukul 20.30 WIB rombongan studi lapang ini sudah sampai di rumah makan Tongas Asri untuk makan malam dan sholat Isya juga. Kemudian pukul 21.30 WIB rombongan ini melanjutkan perjalanan pulang menuju Jember. Di dalam bus terlihat wjah teman-teman mahasiswa lelah dan lesu sehingga mereka langsung tertidur pulas. Sekitar pukul 00.00 WIB rombongan tiba di depan kampus Universitas Jember dan pulang ke kosan masing-masing. Kegiatan studi lapangan sangat berkesan dan memiliki banyak manfaat selain pengalaman juga ilmu yang didapat sangat berguna.

thv 3

Artikel dikirim oleh: Oke Lolita, mahasiswa Pendidikan Biologi UNEJ, angkatan 2013

About bio-lock

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember
Tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *