Prof. Dr. Suratno, M.Si; kaprodi dan Profesor bidang Pembelajaran Biologi

prof ratnoPada hari selasa, 12 Mei 2015 Univesitas Jember melaksanakan pengukuhan gelar profesor terhadap ketua program studi pendidikan biologi, yaitu Prof. Dr. Suratno, M.Si. Dimana pengukuhan ini bertempat di gedung Sutardjo Universitas Jember. Bapak Prof. Dr. Suratno,M.Si merupakan profesor ke 2 di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jember. Bapak Prof. Dr. Suratno, M.Si dikukuhkan sebagai profesor Ilmu Pembelajaran Biologi, terkait dengan risetnya yang berjudul “Membangun Keterampilan Berpikir Metakognisi Terhadap Pembelajaran”. Sebagaimana yang telah dipaparkan Prof. Suratno dalam pidato pengukuhannya “Metakognisi merupakan keterampilan berpikir, dimana penanaman konsep berpikir ini penting karena menjadi suatu kebutuhan dalam pembelajaran di sekolah maupun di perguruan tinggi. Metakognisi merupakan kesadaran kontrol terhadap proses kognitif dan berkaitan erat dengan kecakapan pebelajar untuk menyadari dan memonitor proses belajarnya”.

Profesor merupakan jabatan fungsional akademik tertinggi di perguruan tinggi. Oleh karena itu proses pencapaian gelar profesor yang diraih oleh bapak Dr. Suratno,M.Si ini tidak mudah dan membutuhkan waktu yang panjang. Pencapaian gelar profesor tersebut tidak terlepas dari peran keluarga yang sangat mendukung kariernya. Bapak Dr. Suratno,M.Si yang lahir dalam kehidupan keluarga besar akan tetapi sangat mendukung pendidikan sehingga membuat bapak Dr. Suratno,M.Si ini menjadi seorang yang pekerja keras, ulet dan pantang menyerah. Seperti pengalaman-pengalaman di masa lalu termasuk pengalaman yang duluya menggembala kambing sehingga membentuknya menjadi pribadi yang ulet dan pekerja keras. Menurut Bapak Prof. Dr. Suratno,M.Si dalam kehidupan ini kita harus rajin dan mempunyai strategi. Seperti yang diungkapkan oleh Prof. Dr. Suratno,M.Si pada pidato pengukuhannya “Orang yang memiliki strategi metakognisi adalah orang yang mempunyai pengetahuan dan kontrol terhadap aktivitas berpikir dan belajarnya. Kesadaran metakognisi adalah elemen penting dalam membangun literasi akademik, pengaturan proses belajar diri sendiri melalui merencanakan, memantau, merevisi, dan, mengevaluasi proses belajar diri sendiri”. Filosofi hidup yang dimiliki oleh Bapak Prof. Dr. Suratno,M.Si adalah “Optimisme dan Kepasrahan”.

Awal dari pengambilan keprofesoran ini Bapak Prof. Dr. Suratno,M.Si banting setir dari bidang keahliannya, yakni Taksonomi hewan menjadi bidang keahlian pendidikan. Bapak yang selalu tersenyum dan ramah ini memunyai harapan agar pendidikan di Indonesia mengalami pemerataan. Beliau berharap pemerintah seharusnya lebih memperhatikan sekolah-sekolah yang berada di wilayah desa atau di pinggiran. Menurut Bapak Prof. Dr. Suratno,M.Si pendidikan di Indonesia harus memiliki nilai-nilai budaya yang baik dan taat pada nilai-nilai fair play. Beliau juga memaparkan jika seseorang yang memiliki kognitif yang bagus harusnya juga mempunyai moral yang baik pula.

Ulasan oleh Tim MK TI-Lanjut; Mia & Alfi

About bio-lock

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember
Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *