Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2014, Sabet Juara 2 LKTI IKAHIMBI Jawa III di Malang

2Salam Lestari!!!
Salam Konservasi!!!
Kota Malang menjadi saksi keseruaan acara ini. yaitu di Gedung Gedung C pusat Laboratorium Bahasa dan Fak. Farmasi acara UIN Maliki.Acara ini diadakan selama dua hari yaitu mulai tanggal 9-10 Mei 2015. Pada kegiatan ini kontigen HMPSPBKegiatan ini dibagi dalam dua agenda utama yaitu pengkaderan calon BPW baru IKAHIMBI Jawa III dan juga lomba LKTi “Pekan Ilmiah IKAHIMBI Jawa III. Pada kegiatan pembukaan dihadiri oleh Dekan dan Wakil Fak. Sains Dan Teknologi Ibu Dr. drh. Bayyinatul Muchtaromah, M.Si dan Dr. H. Ahmad Barizi M. A Pada kesempatan itu pula Wakil Fak. Sains Dan Teknologi Ibu Dr. drh. Bayyinatul Muchtaromah berpesan pada seluruh peserta untuk senantiasa menjaga kekayaan ilmu pengetahuan, alam, budaya Indonesia sebagai upaya kemaslahatan bangsa, tandasnya.

 1

Peserta TROMBOSIT 2015

Seusai acara pembukaan dilakukan kegiatan presentasi finalis LKTI Pekan Ilmiah IKIHAMBI oleh 5 kelompok finalis yang berhasil lolos yang terdiri dari Universitas Jember, Universitas Ronggolawe Tuban, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Jember yang diwakili oleh 2 tim yang terdiri dari Biologi-FMIPA dan Biologi-FKIP. Pada kesempatan ini tim KTI Biologi-FKIP berhasil menyabet juara II dengan karya yang berjudul “Pengaruh Air Perasan Limbah Daun Tembakau (Nicotiana tabacum) Terhadap Mortalitas Keong Mas (Pomacea canaliculata Lamarck), dan Prospeknya sebagai Moluskasida Ramah Lingkungan”. Rasa senang dan syukur yang ltergambar dari KTI Pendidikan Biologi UNEJ yang terdiri dari Fiqih Ramadhan dan Ken Izmi Sasmi Afrik Rojanna. Rekan sesama kampunya yaitu Biologi-FMIPA juga berhasil menjadi jura III pada lomba tersebut sedangkan Universitas Islam Jember berhasil membuktikan menjadi yang terbaik dalam kegiatan tersebut sebagai Juara I dalam acara Pekan Ilmiah Ikahimbi Jawa 3 2015.

 3

Juara II, Mahasiswa Pendidikan Biologi UNEJ – Fiqih Ramadhan dan Ken Ismi

Setelah sesi presentasi karya tulis dan pengumuman pemenang selesai dilaksanakan, kemudian kegiatan dilanjutnkan dengan acara “Mekanisme Persidangan” yang disampaikan oleh Paqih Jauhari. Pada sesi ini para calon pengurus BPW IKAHIMBI Jawa 3 dibekali pemahaman dan teknis tata cara persidangan yang membantu mereka nanti saat aka terjun langsung baik di pengurusan IKAHIMBi tingkat daerah, wilayah, maupun pusat. Selepas kegitan ini dilajutkan dengan materi “ke-IKAHIMBI-an” yang disampaikan oleh Maria Ulpah dan Kutsiyah selaku Mantan Korwil jawa 2 dan Wakorwil jawa 3, yang kemudian  disusul dengan materi “Kepemimpinan” dibawakan oleh Presma UMM Elgi Zulfikar D.  yang juga merupakan purna BPW IKAHIMBI Jawa 3 perode sebelumnya. Kegiatan selanjutnya adalah kegitan pengenalan dan peminatan devisi dan biro yang ada di IKAHIMBI. Kegiatan pada malam itu ditutup dengan kegiatan sarasehan dan inagurasi. Pada kegiatan ini seluruh peseerta TROMBOSIT saling berbaur dengan seluruh hima se Jawa Timur dan atmosfer kekerabatan tampak sangat kental pada sesi ini. Malam tersebut kemudian ditutup dengan doa bersama sekaligus penggalangan dana korban bencana gempa bumi di Nepal yang kemudian dilanjutkan dengan sesi istirahat.

 4

Keesokan harinya, tepat pukul 07.00 kegiatan dimulai dengan senam pagi bersama dan ice breaking yang dipimpin oleh Fajrin. Selepas kegiatan tersebut dilanjutkan dengan outbound yang dilakukan di Bumi Perkemahan Coban Talun. Pada kegiatan di Coban Talun seluruh peserta dimanjakan dengan pemandangan yang indah disekitar bumi perkemahan dan juga hawa yang sangat sejuk. Outbound yang dilakukan di bumi perkemahan di bagi kedalam tiga pos yang tiap-tiap posnya memiliki nilai instrinsik berbeda di dalamnya yang keseluruhannya mengajarkan sportivitas, team work, dan edukasi serta wawasan keorganisasian. Pada kegitan ini sekaligus ditutp secara resmi rangkaian kegiatan TROMBOSIT IKAHIMBI 2015 yang dilanjtkan dengan sesi foto bersama di bawa air terjun Coban Talun yang dingin dan deras.

 5

Selepas kegitan tersebut mereka (Fiqih,Ken,Naning,Rifa,Fikri,Luluk) yang menjadi delegasi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi “lumba-lumba” Universitas Jember  merasa senang dan bangga mengemban tugas dengan baik mewakili himpunan dan dapat menimbah ilmu yang bermanfaat yang dapat diaplikasikan dalam keseharian di atmosfir organisasi HMPSPB “LUMBA-LUMBA”.

6

Artikel ini di tulis oleh: Saudara Fiqih Ramadhan – Mahasiswa Pendidikan Biologi UNEJ Angkatan 2014.

About bio-lock

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember
Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *