Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Lingkungan Melalui Studi Lapang

1Dalam dunia pendidikan ada banyak metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mempermudah para peserta didiknya dalam memahami materi yang diberikan. Metode berarti cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan. Sedangkan mengajar merupakan suatu perubahan tingkah laku dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu dan dari yang awalnya tidak bisa menjadi bisa. Metode pembelajaraan sendiri merupakan suatu cara yang digunakan untuk mempermudah suatu proses pembelajaran. Ada beberapa metode pembelajaran yang sering diterapkan, namun untuk beberapa mata kuliah khususnya mata kuliah Pengetahuan Lingkungan yang telah saya tempuh, salah satu metode yang digunakan adalah metode karyawisata. Metode karyawisata disini berarti mengadakan kunjungan diluar kelas. Jadi karyawisata tersebut tidak mengambil tempat yang jauh dari sekolah atau universitas. Untuk metode karyawisata dalam mata kuliah ilmu Pengetahuan Lingkungan yang sudah saya tempuh disebut juga dengan studi lapang.

 3

Adapun studi lapang yang kami lakukan bertempat di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Pakusari di Kabupaten Jember dan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia yang juga terletak di Kabupaten Jember. Studi lapang yang kami lakukan bertujuan untuk mempelajari pengolahan limbah secara umum serta mempelajari tekhnik pengolahan limbah zero waste. Pada lokasi pertama yaitu TPA Pakusari, kami mempelajari tentang bagaimana sampah atau limbah-limbah yang didapatkan dari masyarakat Jember dikumpulkan dan dikelola. Setiap sampah yang datang akan dikumpulkan kemudian diproses dengan metode control land fill yaitu suatu metode dimana sampah yang datangakan ditumpuk hingga mencapai ketinggian tertentu kemudian ditimbun dengan tanah dengan ketinggian tertentu dan kembali ditumpuk dengan sampah hingga membentuk seperti roti lapis. Khusus untuk jenis sampah medis yaitu sampah yang didapatkan dari rumah sakit seperti jarum, masker, dan lain-lain akan langsung dibakar begitu sampai ditempat dikarenakan apabila sampah medis ini dibiarkan akan berbahaya tidak hanya bagi lingkungan namun juga bagi kesehatan. Sehingga setelah kunjungan ke TPA Pakusari berakhir kami dapat mengetahui bagaimana cara mengolah limbah atau sampah dengan baik serta cara-cara menangani berbagai jenis sampah. Sedangkan pada lokasi kedua yaitu Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, kami mempelajari cara mengolah limbah menggunakan tekhnik zero waste. Tekhnik zero waste sendiri merupakan cara mengolah limbah dari perkebunan dan perusahaan dimana setiap limbah yang dihasilkan dari berbagai macam pengolahan, dimanfaatkan sehingga tidak ada yang terbuang secara sia-sia ke lingkungan sehingga lingkungan sekitar perkebunan dan perusahaan tetap terjaga. Sampah yang dihasilkan dari perkebunan biasanya berupasampah organik yaitu sisa potongan ranting dari pohon peneduh tanaman kakao. Sisa ranting pohon ini tidak akan langsung dibuang namun akan digunakan sebagai pakan ternak dan ranting kayunya sebagai bahan bakar. Sedangkan untuk limbah dari binatang ternak yaitu sapi, diolah menjadi biogas yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan bakar. Sehingga dari studi lappang di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao ini kami dapat mengetahui tekhnik pengolahan limbah dengan metode zero waste.

 4

Dari kegiatan studi lapang yang dilakukan, kami mengetahui cara pengolahan limbah dengan cara biasa dan dengan tekhnik zero waste. Dengan begitu dapat diketahui bahwa metode karyawisata melalui studi lapang yang diterapkan dalam mata kuliah Pengetahuan Lingkungan dapat membantu para mahasiswa lebih memahami materi yang bersangkutan, hal ini dikarenakan melalui studi lapang ini mahasiswa dapat memahami materi dengan cepat karena berinteraksi langsung serta mengalami langsung hal yang berkaitan dengan materi, selain itu bahan yang dipelajari lebih luas dari yang tertulis dalam buku panduan mahasiswa serta lebih aktual. Sehingga dengan adanya studi lapang yang diterapkan dalam beberapa pembelajaran mata kuliah, sangat membantu proses pemahaman mahasiswa serta dapat menambah wawasan mahasiswa terkait materi yang dipelajari.

 2

:. Ulasan ini disusun oleh: Alfi Nur Hikmah, Mahasiswa Pendidikan Biologi UNEJ angkatan 2014

About bio-lock

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember
Tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *