Visi & Misi

vision

Visi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNEJ

Menjadi Program Studi unggul pada pengembangan sainteks dan pencetak tenaga pendidik Biologi profesional kompetitif dan berdaya saing global.

 

Visi tersebut diproyeksikan dicapai pada tahun 2024.

Selanjutnya untuk memberikan pemahaman yang sama atas beberapa kata kunci di dalam visi tersebut maka dijelaskan sebagai berikut:

Makna unggul pada sainteks dalam rumusan visi tersebut mengandung makna PS pend Biologi harus mampu menunjukkan daya saingnya dalam penguasaan sain dan teknologi serta seni di tingkat nasional dan internasional. Penetapan kata kunci keunggulan dalam sainteks didasari atas kekuatan sumberdaya internal dalam aspek tridarma perguruan tinggi dibidang pendidikan yang berkualitas, hasil penelitian yang dipublikasi pada jurnal internasional dan berpotensi HAKI, serta meningkatkan publikasi hasil pengabdian kepada masyarakat berbasis riset yang diproyeksikan tahun 2024 dapat dicapai.

Makna kompetitif adalah lulusan PS pendidikan Biologi mampu bersaing dengan lulusan lain dan dapat bekerja sebagai calon pendidik Biologi yang profesional di sekolah.

 

Misi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNEJ

  • Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan inovatif untuk menyiapkan tenaga pendidik dalam bidang pendidikan biologi yang profesional dan berdaya saing global.
  • Mengembangkan dan mengaplikasikan teori-teori kependidikan dan bidang keilmuan untuk menopang penyelenggaraan pendidikan biologi yang profesional melalui penelitian.
  • Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian di dalam bidang pendidikan biologi melalui seminar, publikasi, workshop pada tingkat nasional dan internasional.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dan berkelanjutan dalam rangka ikut serta memecahkan masalah dalam bidang pendidikan biologi.
  • Menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga untuk memperkokoh jejaring dan kemitraan pada tingkat lokal, regional, nasional, dan internasional.

Misi-misi diatas, terejawantah dalam tujuan sebagai berikut:

  1. Mencetak calon pendidik biologi profesional adaptif yang mempunyai kemampuan yang baik dalam mengelola proses pembelajaran, berbudi pekerti luhur dan mampu menyelesaikan masalah secara kritis serta rasional seiring dengan perkembangan IPTEKS;
  2. Mengembangkan pembelajaran Biologi yang kreatif dan inovatif sejalan dengan perkembangan IPTEKS
  3. Mengembangkan penelitian Biologi dan pembelajarannya
  4. Mengembangkan pengabdian masyarakat yang berkualits di bidang Biologi dan pembelajaran

Sasaran PS Pendidikan biologi tahun 2013—2018 adalah sebagai berikut.

  1. Sebanyak 85% mahasiswa menyelesaikan studi dalam durasi 4 tahun dengan IPK rata-rata 3,35. Melalui semester antara dan penyusunan proposal skripsi pada saat menempuh matakuliah Metodologi Penelitian pada semester 6.
  2. Mencetak calon pendidik bidang Biologi yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, personal, dan sosial dengan baik dengan skor nilai magang profesi minimal 3,5 dari skala 4,0. Melalui matakuliah Magang I (Pengembangan Kompetensi Kependidikan), Magang II (Pengembangan Perangkat Pembelajaran) dan Magang III (KKMT).
  3. Peningkatan produktivitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari sisi kualitas dan kuantitas berbasis pendidikan. Jumlah dosen yang melakukan penelitian dari 85% menjadi 100% dan pengabdian masyarakat dari 65 % menjadi 100%. Peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dilakukan melalui workshop penelitian unggulan, penelitian, dan research group.

Strategi pencapaian sasaran dilakukan dengan cara sebagai berikut.
1. Sasaran nomor 1 dicapai dengan cara meningkatkan:

  • Promosi di berbagai sekolah-sekolah unggulan,
  • Kualitas proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Meningkatkan kualitas dan kuantitas media dan sumber belajar berbasis teknologi informasi modern
  • Meningkatkan kapabilitas dosen secara profesional dalam bentuk pengiriman dosen mengikuti studi lanjut (S3) sebanyak 2 dosen dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2013. Pada tahun 2015 mengirimkan 2 orang dosen. Tahun 2016 mengirimkan sekolah S3 sebanyak 2 dosen. Tahun 2017 mengirimkan 2 dosen sekolah S3 melalui dana BPDN dan BPLN. Pada tahun 2022 95% dosen PS Biologi bergelar doktor. Pencapaian sasaran yang lain melalui pelatihan, seminar, dan kegiatan ilmiah sejenisnya yang relevan; mendatangkan dosen tamu dan dosen luar biasa, serta meningkatkan sarana laboratorium. Peningkatan sarana laboratorium diantaranya dengan pengadaan alat-alat baru, penambahan ruang preparasi, dan program perawatan secara berkala.
  • Meninjau kurikulum setiap tahun dan memperbaharui kurikulum sesuai dengan perkembangan sainteks.

2. Sasaran nomor 2 dicapai dengan cara meningkatkan kemampuan kompetensi pedagogik, profesional, personal, dan sosial, calon pendidik bidang biologi melalui kegiatan intrakurikuler yaitu pembelajaran di dalam kelas (perkuliahan dan praktikum), di luar kelas (studi lapangan), dan kegiatan magang profesi di sekolah, dan melalui kegiatan ekstrakurikuler, misalnya mengikuti UKM dan Himpunan Mahasiswa Program Studi. Pengembangan pengintegrasian soft skill pembelajaran guna terbangunnya sikap, nilai, kebiasaan, dan kecenderungan terhadap kepribadian yang menunjang pelaksanaan tugas sebagai tenaga pendidik bidang biologi.

3. Sasaran nomor 3 dicapai dengan cara mengikuti pelatihan-pelatihan penelitian, pembentukan research group, pemberian reward kepada hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal internasional yang terindeks scopus dan thomson, sedangkan peningkatan kualitas pengabdian kepada masyarakat dicapai dengan cara pembentukan kelompok pengabdian, membangun kerjasama dengan sekolah mitra dan kelompok masyarakat produktif.

Sasaran PS Pendidikan biologi tahun 2019—2024 adalah sebagai berikut.
1. Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menjalin kerjasama dengan sekolah mitra melalui MoU dengan sekolah unggulan di wilayah Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Lumajang. SDM 90% bergelar doktor, kegiatan studi magang mahasiswa di sekolah menengah dan universitas di ASEAN.
2. Mengembangkan kerjasama penelitian dengan sekolah, lembaga penelitian, universitas dalam dan luar negeri. Kerjasama dengan sekolah, Puslit Kakao, serta Hiroshima University Jepang, Malaysia, dan Thailand.
3. Memperkokoh jejaring dan kemitraan pengabdian masyarakat dengan sekolah, LPMP, P4TK, dan kelompok wirausaha.

4. Kegiatan seminar nasional dengan tema Implementasi Kurikulum 2013 yang telah direvisi. Menyelenggarakan kuliah tamu setiap tahun dengan mengundang narasumber ahli pendidikan biologi dari Jepang.

Strategi pencapaian sasaran dilakukan dengan cara sebagai berikut.
1. Berkomunikasi dengan sekolah unggulan melalui kunjungan ke sekolah dan melalui alumni yang bekerja di sekolah sasaran. Mengirim dosen untuk studi lanjut dengan sumber dana BPDN dan BPLN. Studi banding ke Malaysia dan Thailand.
2. Membuat MoU kerjasama penelitian dengan sekolah, lembaga penelitian dan universitas dalam dan luar negeri.
3. Sosialisasi melalui web, e-mail, media sosial dan brosur minimal enam bulan sebelum pelaksanaan. Mengundang narasumber melalui mahasiswa atau dosen yang menjalin kerjasama dengan Hiroshima University Jepang.
4. Memperkokoh jejaring dan kemitraan melalui terbentuknya MoU dengan sekolah di Jawa Timur, LPMP, P4TK, dan kelompok wirausaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *